Ini Pesan Sesditjen Gatrik pada Pegawai Baru Ditjen Ketenagalistrikan


Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari menyambut dan memberikan arahan kepada 16 orang  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Formasi Tahun 2023. Ida berpesan agar PPPK yang baru bergabung dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan lebih cepat dan bekerja lebih baik.

“Ini amanah untuk ditempatkan disini. Semoga teman-teman PPPK bisa cepat menyesuaikan diri, karena spesifik di hire sebagai PPPK yang sudah siap bekerja,” ujar Ida dalam acara Serah Terima PPPK Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Formasi Tahun 2023 di Jakarta, Senin, (06/05/2024).

Lebih lanjut Ida menjelaskan bahwa pengalaman bekerja para PPPK di tempat sebelumnya agar dijadikan pengalaman dan pelajaran untuk bisa bekerja lebih baik lagi di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

“Pengalaman kalian bekerja di tempat yang lama agar menjadi lesson learned sehingga pada saat bekerja disini, ayo segera bisa menyesuaikan diri,” jelas Ida.

Ida juga menekankan agar PPPK dapat memahami struktur organisasi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan untuk memudahkan koordinasi saat menjalankan pekerjaannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Ditjen Ketenagalistrikan Wiwid Mulyadi menyampaikan bahwa PPPK formasi tahun 2023 telah menandatangani perjanjian kerja pada tanggal 30 April 2024 sebagai bentuk dimulainya kerja PPPK pada Kementerian ESDM.

“Di dalam kontak kerja tersebut tercantum hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan PPPK selama 1 tahun untuk kemudian diperpanjang 4 tahun jika hasil evaluasi kinerjanya BAIK,” ujar Wiwid.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penerimaan terhadap 201 PPPK formasi tahun 2023 dan telah resmi dilantik menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ESDM pada Kamis, (02/02/2024) di Jakarta.

Untuk diketahui, dari 16 PPPK yang ditugaskan di Unit Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, 9 orang ditempatkan di Sekretariat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, 6 orang di Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan dan 1 orang di Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan.

“Saya juga ucapkan selamat kepada 16 PPPK yang sebelumnya telah diambil sumpah pada 2 Mei oleh Bapak Sekjen (Sekretaris Jenderal-red) di ruang Sarulla Kementerian ESDM. Kalian adalah orang-orang terpilih,” tutup Ida. (U)